Melek Smartphone Di Usia Dini

Dipostkan pada 2021-10-20 oleh Admin
Sudah hampir dua tahun pembelajaran dilakukan secara online. Banyak aplikasi pembelajaran dan chat kemudian tren dan booming. Sub google classroom kini menjadi primadona di kalangan guru dan murid selain chat Whatsapp.

Banyak materi belajar dibuat secara video dimana murid menyimak satu arah. Tanya jawab boleh dikatakan tidak terjadi. Tidak ada klarifikasi atau konfirmasi jika ditemukan kejanggalan atau penolakan oleh siswa.

Memang banyak video pembelajaran ada di sosial media termasuk youtube. Namun, kebijakan youtube terkait iklan menjadi ancaman, karena kerentanan anak terhadap iklan makanan dan mainan sementara video untuk anak memiliki rating tinggi, sudah pasti.mengundang iklan terkait. 

Di tengah untung rugi pembelajaran online, sebuah perubahan tidak dirasakan terjadi. Pengenalan smartphone di usia dini menjadi penyelesaian atas banyaknya aplikasi yang harus diketahui siswa, entah langsung atau tidak. Melek smartphone ini menjadi pintu pengenalan aplikasi lain yang seringkali mengalahkan keasikan belajar, misalnya aplikasi sosial media, aplikasi game dan aplikasi mainan lainnya.

SB

SB