Menanam Suji Agar Potensi Hidup Tinggi

Dipostkan pada 2021-08-29 oleh Admin
Kami sudah mempelajari menanam suji sekitar lima tahun. Mencoba cara-cara yang dilakukan orang lain dipadukan dengan pengetahuan saat mengikuti kuliah ilmu biologi.

Potensi terbaik adalah menanam batang suji yang ada daunnya segera setelah dipotong. Jika harus jeda, maka sebelum menanamnya, batang suji termasuk yang berdaun, direndam dalam air agar tercapai kesegaran senagaimana tanaman yang tidak ditebang dan sangat sehat.

Dibuat lubang lebih besar dari batang, entah di tanah atau di pot atau media lain agar saat bayangnya dimasukkan ke lubang, batang suji tidak terluka sedikit pun. Kedalaman di tanah sekitar 20 - 30 cm.

Setelah batang suji dimasukkan, disiram air agar permukaan batang suji menempel dengan tanah atau media yang basah. Sisa lubang yang menganga diuruk tanah secara alami tanpa dipaksa.

Jika batang suji miring, dibantu dengan kayu atau alat lainagar tegak.

Setelah itu, tanah atau media dijaga tetap basah hingga akar tumbuh. Ketika akar mulai tumbuh ( atau suji tampak ingat ), kelembaban dikurangi. Air tidak boleh menggenang agar akar memiliki keaktifan dan fungsi menyerap air maksimum.
Dengan panduan ini, niscaya pohon suji pasti tumbuh.

SB