Salah Satu Pertimbangan Menggagalkan Hacking/ddos Situs

Dipostkan pada 2017-06-29 oleh Admin

Server tidak lebih dari sebuah komputer yang jika diberi beban request berlebih akan panas dan dapat berujung kerusakan permanen. Terkait dengan adanya atasan ini, jika ada gangguan dengan cara memberikan request berlebih sebagaimana DDOS atau mencoba mengeksploitasi situs, maka sebuah pertimbangan penting terhadap batasan hardware harus dipikirkan.

Pada intinya, termasuk dalam pembuatan software atau alur sistem normal, kita pun merancang alur yang efisien dan efektif. Jika ada alur atau proses tidak bermanfaat, alur itu harus digagalkan, terlebih jika proses itu hendak mengeksploitasi kelemahan sistem, se-awal mungkin harus digagalkan.

Dengan demikian, perlu disediakan sebuah penanganan atau pemeriksaan pertama, yaitu identifikasi primer terhadap proses tidak normal. Walau itu simple, proses ini harus sebelum tahap akses ke database atau konfigurasi apapun. Tahap ini sebisanya efektif, efisien dan singkat sehingga menggunakan sumber daya sistem sedikit. Begitu teridentifikasi mencurigakan, langsung menghentikan alur dan memberikan output kosong atau sekedar output. Dengan demikian, paling tidak untuk DDOS berat, website atau sistem masih bisa bertahan lebih lama.

Proses awal ini pun bermanfaat membuka tabir sistem yang dapat dieksploitasi, terutama oleh hacker pemula yang biasanya gatal ingin eksis dan diakui sebagai hacker. Biasanya, kelompok ini berjumlah besar sementara hacker kelas wahid berjumlah sedikit dan jarang dengan sengaja membuang-buang waktu menghack situs lain jika tidak menghasilkan uang.

SB