Kebohongan Reaksi Air Kangen Dengan Betadin

Dipostkan pada 2016-12-27 oleh Admin

Betadin adalah senyawa kompleks yang stabil dari polivinilpirolidon ( povidon, PVP ) 9 hingga 12% iodium ( I­­2). Karena mengandung iodium, maka reaksi terhadap iodium terjadi juga pada betadin. 

Sebagaimana telah diketahui dalam reaksi iodometri, larutan KI dalam larutan asam ketika beraksi dengan H22 akan menghasilkan I2. Dalam reaksi penentuan hasil I2, I2 yang terbentuk melalui reaksi akan direduksi dengan N2S2O3 atau natrium tiosulfat dalam larutan basa hingga indikator kanji kehilangan warna biru. I2 berwarna hitam kebiruan sementara I- tidak berwarna. Sementara itu dalam larutan basa, I2 mengikuti reaksi : I2 + 2 OH ⇌ IO + H2O + I, dan ini menghasilkan larutan tidak berwarna.

Ini menjelaskan bagaimana pedagang air kangen dalam mendemontrasikan dagangannya. Perubahan warna ketika betadin dimasukkan dalam air yang ada H2O2 atau yang diklaim sebagai ozon maupun dalam larutan basa tidak menunjukkan suatu air memiliki manfaat lebih atau kurang. Tidak ada kaitan betadine direaksikan dengan air ber-H2O2 menjadi hitam kebiruan sebagai indikasi air ini berbahaya atau kurang manfaat dan sebagainya. Demikian pun ketika betadin direaksikan dengan air kangen yang ber-pH basa dan menjadi bening tidak ada kaitan dengan manfaat atau keamanannya.

SB