Air Kencing Berbau Vanila?

Dipostkan pada 2016-12-15 oleh Admin

Urine atau air kencing secara normal baunya pesing yang merupakan aroma urea yang terkandung dalam urine atau air kencing. Semakin banyak kandungan urea-nya, maka semakin pesing bau urine. Dalam kesempatan lain, beragam kondisi kesehatan dan makanan menambahkan bahan lain ke dalam urine sehingga bau urine dapat berubah tergantung bahan yang dominan terkandung di dalamnya.

Ada beberapa orang bisa memiliki urine berbau vanila pada saat-saat tertentu, ada pula yang urine atau air kencingnya berbau air kelapa, ada pula yang berbau jeruk. Dalam hal terjadi infeksi saluran pencernaan, dapat saja urine berbau amis atau busuk.

Kecuali disebabkan oleh infeksi, maka perubahan bau kecing atau adanya bahan wangi lain dalam urine atau air kencing disebabkan oleh faktor metabolisme. Faktor metabolisme ini adalah ketiadaan kemampuan metabolisme untuk mengolah bahan pewangi tersebut menjadi bahan normal. Beberapa orang memang memiliki keunikan ini, tubuhnya tidak mampu mengolah bahan makanan yang masuk ke tubuhnya namun tidak mengadakan tanggapan fisiologis terhadap kandungan bahan itu secara utuh, hanya diterima lantas dibuang melalui urine atau keringat.

Dalam kasus urine berbau vanila, kami pernah menjumpainya. Dia meminum susu dalam jumlah banyak dan susunya beraroma vanila. Dalam konsumsi melebihi batas tertentu, urine yang keluar setelah itu berbau vanila. Ada juga yang setiap kali minum atau makan makanan beraroma jeruk dalam jumlah banyak, urine berikutnya akan beraroma jeruk. Ada pula yang setelah meminum air kelapa dalam jumlah banyak atau makanan beraroma kelapa, air kencingnya beraroma air kelapa. Jadi, ketika melebihi batas maksimum dan bahan tersebut melebihi kandungan urea dalam urine, maka bau bahan lain tersebut akan menyebabkan urine berbau total seperti bahan tersebut.

Dalam hal khusus mungkin terjadi bahwa tubuh memang memproduksi senyawa berbau yang unik, sebagaimana yang terjadi pada luwak. Kelenjar di kulitnya memproduksi senyawa berbau pandan walaupun dia tidak pernah makan atau minum beraroma pandan. Jika terjadi seperti ini, ini adalah luar biasa karena badannya akan wangi terus tanpa harus beli parfum. Mungkin juga kencing atau keringatnya akan diteliti di kemudian hari untuk dapat melakukan produksi massal pewangi khusus tersebut.

Note: air kelapa mengandung bahan yang mempercepat pembuangan kencing. Makin banyak minum air kelapa, maka rangsangan untuk melakukan urinasi atau kencing akan semakin intens. Ini tentu saja mengurangi waktu tubuh untuk mengolah bahan berbau air kelapa dan bahan lain karena bahan tersebut dengan cepat dibuang bersama urine atau air kencing.

SB