Mendinginkan Kamar Dan Rumah Berbiaya Murah

Dipostkan pada 2016-12-15 oleh Admin

Saat ini memiliki rumah di kota atau di desa termasuk sama karena iklim sudah terasa sama baik di desa maupun di kota. Siang hari terasa demikian panas dan sisa panasnya terasa hingga malam. Banyak orang akhirnya memasang Air Conditioner ( AC ) untuk mendinginkannya. Sebagai efeknya, tagihan listrik meningkat tajam karena AC memerlukan daya listrik yang cukup besar, terlebih jika tersedia ruangan yang banyak dan berukuran besar.

Masyarakat sebenarnya menginginkan udara yang tingkat dinginnya tidak harus serendah-rendahnya. Paling tidak setara dengan udara luar maka itu sudah cukup nyaman untuk tidur atau beristirahat malam. Terlebih lagi tanpa perlu pendinginan dan modifikasi apapun, udara luar selalu dingin mulai sore dan semakin dingin dengan bertambahnya waktu hingga pagi.

Sebagaimana tampak dalam gambar, udara panas saat malam hari dan menyebabkan suhu ruangan panas sesungguhnya terkonsentrasi di bagian atas, tampak dalam gambar diwarnai merah. Selama udara tersebut tidak tergantikan maka suhu ruangan atau rumah akan tetap panas. Penurunan suhunya berlangsung sangat lambat terlebih lagi udara panas yang terjadi akibat udara yang dipanasi oleh suhu badan penghuni rumah ikut berkumpul di sini, terjadilah reaksi berantai dimana panas udara di langit-langit ini menyebabkan penghuninya kepanasan dan panas badan ini akan meningkatkan suhu udara yang terjebak di langit-langit.

Inilah sebabnya komponen penyedot udara AC diletakkan di bagian atas tujuannya untuk menyedot udara panas dalam ruangan kemudian mendinginkannya dalam bagian lain dari AC tersebut. Dengan konsep yang sama, dapat diupayakan penurunan kebutuhan daya untuk menghasilkan penurunan suhu yang mencukupi sehingga penghuni rumah atau kamar cukup merasa sejuk.

Jika AC tidak pernah membuang udara, alias menyedot dan mengembalikannya lagi ke dalam ruangan, maka dengan exhaust atau kipas pembuang udara, dapat diupayakan pembuangan udara panas sementara secara otomatis udara dingin dari luar ruangan akan masuk menggantikan udara panas yang terbuang. Setelah waktu yang cukup, semua udara panas akan terbuang dan semua udara dalam ruangan adalah udara sejuk.

Tentu saja jika diinginkan cepat tergantikan, daya listrik untuk kipas exhaust akan besar pula. Namun ini tentu saja tidak efektif dan efisien. Kita dapat menggunakan kipas dengan daya yang optimal, cukup sebuah kipas yang kapasitasnya sama dengan kipas procesor PC untuk membuang semua udara panas berukuran 5x5 m2 dalam waktu sekitar 15 menit. Jika dihitung, kipas ini menggunakan tegangan 12 V dan kuat arus 1 A, malah terkadang tidak sampai 0,5A, maka total daya yang dihabiskan adalah 12VA. Sangat jauh dibandingkan dengan sebuah AC yang bisa menghabiskan listrik hingga 150 VA.

Dengan sistem pipa, malah dimungkinkan ujung-ujung penyerap udara panas didistribusikan ke semua ruangan sementara kipas exhaust dapat menggunakan satu saja dan juga satu saja lubang pembuang udara. Ini tentu saja meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sistem exhaust.

SB