Manfaat Dan Batasan Minum Air Kelapa Yang Harus Diketahui

Dipostkan pada 2016-10-24 oleh Admin

Air kelapa sudah sangat lumrah bagi masyarakat Asia, apalagi untuk masyarakat Indonesia. Airnya dari kelapa yang masih sangat muda hingga berusia tua, sangat disukai dan digemari, terutama untuk yang menjelang mengalami pengerasan batok, dibuat menjadi es kelapa muda, salah satu es favorit di kota Denpasar. Membuktikan bahwa es kelapa muda sangat favorit sangat mudah, hitung berapa jumlah penjual es kelapa muda di Denpasar. Untuk lingkup kecil, dapat dihitung penjual es kelapa muda di Lapangan Puputan Margarana ( Niti Mandala ) Renon, paling tidak ada 20 penjual es kelapa muda. Wow!

Air kelapa memang berasa enak sehingga orang dapat minum banyak. Adanya kandungan gula membuat air kelapa muda berasa manis dan dapat digunakan untuk menunda lapar beberapa saat. Air kelapa mengandung bahan yang memicu kencing jauh lebih baik daripada air dengan mineral rendah maupun air bergaram. Setelah minum air kelapa, setidaknya setengah jam hingga sejam berikutnya peminumnya pasti terpicu untuk kencing. Hal yang disukai oleh masyarakat adalah bahwa air kelapa menjadikan air kencing jernih dan relatif berbau dengan intensitas rendah.

Air kelapa pun telah lama dikenal untuk melawan racun, dan yang jelas kami ketahui adalah racun portas / kalium. Pernah suatu ketika di kampung anjing kami telah terkapar akibat makanannya diberi racun portas. Nafasnya sangat lemah dan mulutnya berbuih. Dengan sigap, ayah kami memanjat kelapa dan mencari yang tua, kemudian airnya dipaksakan minum ke anjing kami. Selang sejam kemudian anjing kami sudah dapat berjalan walaupun masih sempoyongan. Setengah hari berikutnya, jalan anjing kami sudah stabil.

Meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap makanan-makanan yang kurang sehat telah memicu sebuah gerakan detoksifikasi dan pemurnian racun yang mengarahkan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi air kelapa. Secara reaksi, air kelapa memang bereaksi cukup terhadap logam-logam, itu sebabnya barang-barang logam, misalnya pisau, panci dan bahkan gelas kaca bereaksi dengan sangat tampak terhadap air kelapa. Misalnya pisau besi akan berkarat dengan hebat ketika berinteraksi dengan air kelapa. Bahan stainless membentuk larutan berwarna kebiruan ketika berinteraksi dengan air kelapa. Gelas kaca akan berubah rapuh / rigid ketika diberi suhu tinggi setelah dibasahi air kelapa.

Berdasarkan sifatnya terhadap barang-barang logam, air kelapa kami perkirakan memiliki sifat mengikat / bereaksi dengan mineral-mineral tubuh dan memicu pengendapan atau pembuangan sebagai bahan padat. Dengan terpicunya kencing, ada kemungkinan mineral yang mudah larut akan terbuang dalam air kencing. Sifat inilah yang disukai sehingga masyarakat menafsirkannya sebagai larutan ajaib detoksifikasi / penghilang racun tubuh.

Hal yang tidak disadari bahwa picuan kencing dan sifat air kelapa terhadap mineral dapat menurunkan kadar mineral dalam darah dan cairan tubuh. Penurunan kadar mineral baik satu maupun beberapa mineral secara bersamaan dapat menganggu fisiologi tubuh yang berakibat sakitnya tubuh. Gangguan ini misalnya pusing karena darah bertekanan rendah atau gangguan fisiologi lainnya.

Dengan demikian, jika kadar mineral sedang tinggi-tingginya dan kencing agak sulit, minum air kelapa diperbolehkan, malah disarankan. Namun minum secara kontinu berturut-turut tidak disarankan karena berisiko menyebabkan penurunan kadar mineral yang berakibat gangguan fisiologi.

 

SB