Mengapa Minum Santan Bisa Mencret?

Dipostkan pada 2016-09-16 oleh Admin

Santan adalah emulsi minyak dalam air. Sifatnya sebagaimana emulsi adalah memiliki kemampuan melincirkan sebagaimana oli. Selain itu, emulsi juga dapat meningkatkan kelarutan bahan-bahan tertentu ke dalam larutan air atau minyak. Santan memiliki komponen protein yang bersifat emulgator.

Proses yang jarang terjadi, mencret setelah minum santan disebabkan alergi atau gejala gangguan pencernaan yang sensitif protein. Adanya protein menyebabkan kontraksi usus yang mengarahkan pada pembuangan secara cepat. Terjadilah mencret.

Proses yang biasa adalah terkait sifat melincirkan dari emulsi. Dalam jumlah kecil, emulsi tidak mempengaruhi pencernaan. Jummlah yang besar tidak mampu dirusak oleh enzim dan bahan eksresi saluran pencernaan sehingga emulsi ini membuat saluran pencernaan lebih licin. Terjadilah mencret.

Bahan-bahan tertentu yang mungkin ditambahkan ke santan seperti kreamer bekerja dengan cara yang sama. Sementara itu bahan seperti garam inggris bekerja dengan cara menyebabkan rasa sakit ke saluran pencernaan sehingga mendorong usus melakukan pembuangan.

SB