Mengapa Menggunakan Google Analitik Kurang Efisien

Dipostkan pada 2017-08-10 oleh Admin

Sudah beberapa tahun saya menggunakan fasilitas analitik yang disediakan oleh Google, dan selama ini saya tidak berkepentingan sangat dengan hasil analitiknya kecuali sekedar tahu beragam analisis web, tidak terkait bisnis dan uang. Namun, kini kondisinya berubah, saya menginginkan analisis yang cepat untuk prediksi hari berikutnya dan strategi apa yang harus diterapkan. Di sini saya perhatian, hasil analitik Google keluarnya terlambat 4 hari.

Ya, data dari situs kita sendiri dilaporkan terlambat 4 hari sementara 3 hari pertama dinikmati oleh Google, si pemilik situs analitik dan penyedia jasa analitik ini. Jika demikian, benar sajalah bahwa semua pengguna jasa analitik Google tidak pernah bisa bersaing dengan Google dalam membuat kebijakan dan keputusan bisnis. Google sudah pasti akan 3 hari lebih di depan daripada kliennya dan bisa saja jika kliennya adalah pesaing salah satu cabang bisnis Google atau pesaing dari klien berbayar Google, maka klien analitik ini dapat disalip akibat informasi analitik global dijual oleh Google.

Jika situasinya adalah perang maka ini akan sangat parah karena berita kemenangan tiba 3 hari terlambat sementara kemenangan sesungguhnya telah sampai dan telah memberi keuntungan kepada penyedia analik ini. Dapat dibayangkan, perantara informasi mengambil keuntungan besar dari keterlambatan informasi yang sampai ke pihak bertikai.

SB